PENGERTIAN PERIBAHASA CINTA


Gambar

 

Berikut makna peribahasa antara yang pintar dan bodoh :

 

A. Hati tak bertulang galau pula sering bertuan.

 

Makna pintar : Perasaan yang mudah berubah, kadang perasaan galau yang sering menyerang pada akhirnya.

 

Contoh : Kadang merasa kecewa, kadang merasa sakit hati, kadang berubah bahagia kemudian tersakiti dikhianati. Akhirnya galau selalu menyerang.

 

Makna bodoh : Hati emang organ yang nggak bertulang makannya bikin galau, karena tulangnya terbakar cemburu saat memergoki pacar selingkuh.

 

B. Asam di darat Ikan di laut, temu dalam belanga.

 

Makna pintar : Antara lelaki dan perempuan kalau berjodoh, bertemu juga akhirnya.

 

Makna bodoh : Pohon asam itu emang tumbuh di daratan, sedangkan ikan hidup di air seperti di laut karena bernapas dengan insang. Akhirnya pohon asam dengan ikan ketemuan nggak sengaja dalam satu lokasi akhirnya cinlok. Terus nikah punya anak blesteran deh.

 

C. Awak hendak ke hilir, ia hendak hanyut.

 

Makna pintar : Keinginan untuk berpacaran dengan wanita, yang disukainya diam-diam selama 3 tahun, tapi didahului lelaki lain yang suka selama 3 detik.

 

Nasehat gue : Jika nyampek 30 tahun sepertinya akan mendapat penghargaan Jombo sabar tingkat 120. Buruan nikah woy sebelum jadi ABG tua yang tingkahmu semakin gila…

 

Makna bodoh : Gue naik perahu menuju ke hilir, tapi hanyut karena tiba-tiba hujan deras akibatnya banjir. Akhirnya mati dan ngambang sampai tiba ke hilir.

 

D. Awal dibuat, akhir diingat.

 

Makna pintar : Sebelum memutuskan untuk pacaran, lebih baik dipikirkan betul-betul agar hubungannya selamat.

 

Contoh : Gue pacaran dengan seorang perempuan yang gila jalan. Jalan ke afrika, jalan ke china, jalan ke perancis. Padahal ketemunya di parangtritis lagi jualan softdrink. Akhirnya gue terjebak dalam suatu penderitaan karena merasa ditipu dengan modus tersebut.

 

Makna bodoh : Pertamanya seneng membuat, akhirnya diingat-ingat karena lupa cara membuatnya gimana. Apaan coba!

 

E. Burung baru belajar terbang.

 

Makna pintar : Baru cukup umur untuk memulai cinta.

 

Nasehat gue : Tontonlah jenis film pada masanya. Seperti film Doraemon aman untuk anak-anak. Film Virgin diperbolehkan untuk 17+. Dan film Horor Indonesia bagi lelaki hidung belang yang menanti-nanti lauk dada dan paha atas, yang ternyata digondol pocong. #padahal pocong nggak punya tangan.

 

Makna bodoh : Burung itu akhirnya belajar terbang karena malu saudaranya udah beterbangan dengan kekasihnya.

 

F. Kambing seekor gembala tiga.

 

Makna pintar : Seseorang yang mempunyai banyak gebetan/ pacar.

 

Nasehat gue : Bersedekah, dengan memberikan 1 gebetan kepada fakir gebetan. Buat gue contohnya.

 

Makna bodoh : Hanya ada satu kambing, tapi yang menjaganya tiga orang. Karena kambingnya teroris.

 

G. Badan boleh dimiliki, hati tiada dimiliki.

 

Makna pintar : Status pacaran bilangnya sayang-sayang, tetapi hatinya masih ada dimantannya.

 

Nasehat gue : Yang sudah ya sudah..alias ‘sek uwes yo uwes’. Jangan menjadi pembohong, karena rasanya seperti dibohongi.

 

Makna bodoh : Seperti wanita panggilan.

 

H. Bagai marmut mencari spesiesnya.

 

Makna pintar : Usaha mencari pacar tanpa putus asa. Walaupun seringkali ditolak melulu. Merasa jatuh, bangkit lagi. Ditolak lagi cari yang lain dan ditolak lagi, mencari lagi. Sampai akhirnya mendapatkan pacar. Intinya jangan menyerah kata abang rian yang jualan cilok dan cireng deket sekolah.

 

Makna bodoh : Sepertinya marmut tersesat dalam hutan liar dalam mencari spesiesnya, lalu bertanya kepada pemirsa karena merasa galau harus lewat hutan marmut atau hutan singa. #Dora The Explorer bangettttttt….

 

I. Bagai anjing terjepit anunya.

 

Makna pintar : Kesedihan karena tersakiti organ tubuhnya. Seperti hati yang sakit.

 

Makna bodoh : Anunya anjing nggak sengaja tersunat.

 

Nasehat gue : Belikan sarung yang banyak, takutnya bakal sobek digigitin anjing.

 

J. Bagai tukang cendol dengan penggemar cendol.

 

Makna pintar : Suatu kecocokan yang berkaitan. Pada akhirnya saling membutuhkan.

 

Nasehat gue : Tambahin gula karena kurang manis, mentang-mentang abang cendolnya udah ada yang manis.

 

Makna bodoh : Si tukang cendol bakal jadi artis karena udah ada fans setianya. Terus nanti banyak yang mention ‘polbek yua abang cendol…’ Dan ‘Pesen cendolnya dong bang’

 

K. Bagai jalan gue dengan jalan Raditya Dika.

 

Makna pintar : Jalan kesuksesan sama, tetapi jalan cinta tidak sama. Karena percintaan gue lebih beruntung darinya.

 

Makna bodoh : Jalan gue biasanya lewat jalan malioboro sedangkan Raditya Dika lewat jalan kegalauan no. 5.

 

Nasehat gue : Sisirin bulu ketek biar ganteng.

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s